Tak Bisa Mudik? Ini Tips Lebaran Aman dan Nyaman di Rumah Saja!

Senin, 10 Mei 2021 - 12:10 WIB
loading...
Tak Bisa Mudik? Ini Tips Lebaran Aman dan Nyaman di Rumah Saja!
Tak bisa mudik, silaturahmi tetap bisa dilakukan secara virtual. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Libur Lebaran kali ini harus dilewati dengan cara yang tak biasa. Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Tanah Air membuat pemerintah menerapkan peniadaan mudik lebaran mulai dari 6 Mei – 16 Mei 2021. Tentunya peniadaan mudik ini dalam upaya untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 akibat mobilitas masyarakat yang pulang ke kampung halaman.

Sebagaimana diketahui, pada 22 April sampai 5 Mei 2021 syarat melakukan perjalanan diperketat. Sementara pada 18-24 Mei 2021 atau pasca lebaran, syarat perjalanan juga kembali diperketat. Surat keterangan hasil negatif PCR atau antigen yang berlaku 1x24 jam atau GeNose C-19 di bandara, pelabuhan, atau stasiun sebelum keberangkatan, diperlukan sebelum melakukan perjalanan.

Nah bagi Anda yang tidak bisa mudik lebaran pada 2021, jangan berkecil hati. Anda masih bisa melakukan beberapa kegiatan asik cukup dari rumah. Merangkum dari Instagram resmi Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (10/5/2021), berikut tipsnya.

Baca Juga : 4 Hari Larangan Mudik, 7. 525 Sepeda Motor Diputar Balik

1.Gunakan layanan internet dan streaming untuk untuk mengakses pengumuman penting dan pelayanan keagamaan selama bulan Ramadhan.Jangan memasakan diri untuk sholat di masjid yang tidak menjalankan protokol kesehatan.

2.Hindari makan di tempat umum. Tempat maan bisa menjadi salah satu tempat penularan Covid-19. Membuka masker saat makan adalah salah satu alasannya. Untuk itu makan bersama keluarga di rumah jauh lebih aman, ketimbang makan di rumah makan.

3.Jika berbelanja untuk keperluan di bulan Ramadhan, hindari pasar yang ramai dan selalu menjaga jarak. Sebisa mungkin gunakan platform online untuk berbelanja.

4.Pastikan untuk tidak mencicipi makanan di pasar atau supermarket. Saat terpaksa harus membeli barang kebutuhan di supermarket, hindari mencicipi makanan yang akan dibeli.

Baca Juga : 5 Jenis Makanan Sehat untuk Jaga Tubuh Tetap Bugar usai Lebaran

5. Mengunjungi keluarga adalah salah satu tradisi di bulan Ramadhan. Namun, selama pandemi, berkomunikasi cukup dilakukan dengan telepon dan bertukar pesan. Tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker , mencuci tangan dengan sabun dan, menjaga jarak.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)